MELAMAR PEKERJAAN DI BANK

 


Dalam proses mencari kerja saya tidak banyak meminta harus kerja dimana, tapi ketika ada tawaran saya ikut mengajukan lamaran ke salah satu Bank BUMN, setelah menunggu satu minggu saya dipanggil untuk tes wawancara sekaligus diinterview oleh pejabat Bank BUMN, dalam interview tersebut saya ditanya-tanya “Apa motivasi saudara melamar menjadi Marketing di Bank ini, apa yang saudara punya selain kemampuan marketing dan kecakapan skill saudara?”... 

Saya kaget dan terbengong dengan wawancara dari Pejabat Bank tersebut!!!.. karena baru kali pertama merasakan diinterview oleh pejabat senior Bank, rasanya panas dingin sekujur tubuh dan berkeringat, dalam pikiran melayang-layang dan hati berdetak hebat menghadapi pernyataan dari senior bank, hingga bibir mulai coba untuk berbicara untuk mengatakan sesuatu yang dari awal melangkahkan kaki keluar rumah untuk bersiap-siap diinterview padahal semua jawaban sudah tertata rapi dibenakku… pada seketika buyar semua yang sudah tertata dipikiran… “semacam kita ingin mengatakan sesuatu kepada orang yang kita suka’ kurang lebih mirip-mirip seperti itu".. wkwk, padahal wawancara kerja yaa,, tapi kok sampe segitunya, hehe 

Senior tersebut sambil memegang gelas berisikan Kopi Hitam Bergambar dan Berlogo Bank, sembari menunggu jawaban dari saya, “saya pikir tuh gelas buat siap-siap untuk nampol kepala saya kalau jawabannya tidak tepat".. hehe 

Akhirnya saya menjawab, iya siap saya pak.. “udah kayak apa aja ‘siap Ndan” hehe.. saya berminat untuk bergabung dengan team Bapak karena saya yakin, apapun tugas yang dibebankan kepada saya, saya siap melaksanakannya dan saya tertarik dibidang marketing karena saya mampu beradaptasi dengan masyarakat region yang nantinya bakal saya pegang dan saya memiliki kemampuan pendekatan kepada masyarakat meskipun baru beberapa kali bertemu. 




 Selain hal tersebut saya mempunyai skill dibidang IT meskipun baru masa belajar, tapi saya orangnya yang tidak mudah patah arang, saya akan selalu mencoba hingga bisa meskipun hanya Amateur/Amatiran, wkwkwk.. kalau saya bilang begitu sambil ketawa gimana yaa kira-kira..hehe, bakal melayang gak tuh gelas yang dipegang ama senior yaa..haha… 

 Kebetulan tuh gelas kan lagi dipegang ama senior..wkwk Saya berkata dihadapan sang senior mencoba untuk meyakinkan beliau, meskipun saya yaa orangnya masih amatir, dalam ilmu marketing aja sama sekali belum pernah belajar, tapi pernah menguping dari pembicaraan orang-orang yang menggeluti pekerjaan dibidang Marketing Bank, dan kebetulan senior sewaktu dulu di kampus sudah lebih dulu menggeluti dibidang marketing, dan pernah bertanya-tanya seputar dunia marketing, “seperti apa sih marketing itu, kerjanya ngapain aja, terus kalau sudah jadi marketing sikap dan sifat harus kayak gimana???” dan panjang lebar sang senior alumni kampus menceritakan semua hal tentang marketing… 

 Mulai dari awal harus ngapain aja! Target pasar siapa aja! Siapa aja yang mau pinjem asal dilihat dan informasi dari tetangga bagaimana! Terus gaya bicara harus mampu meyakinkan orang lain! Dan yang terakhir kata senior, jangan pernah bergaya kita kerja menjadi marketing Bank itu mewah, akan tetapi kita harus menjadi pribadi yang ramah tamah, suka berkomunikasi dengan khalayak banyak.. 

 Karena sejatinya kita menawarkan pinjaman uang ke nasabah, dan kita dikejar target tiap minggunya serta kita juga harus mempunyai etika yang baik dan sopan ketika berkomunikasi dengan calon nasabah. 

 Begitu panjangnya alumni senior bercerita tentang marketing sampai-sampai jiwa ini merasa tertantang dengan dunia nyata dan hal baru.. menjadi marketing Bank ialah impian banyak orang yang belum pernah merasakan dunia marketing, karena dunia marketing itu asyik dan melelahkan apabila akhir bulan katanya,, wkwkwk… 

                                           BERSAMBUNG…!!!



Comments