EKONOMI MANAGERIAL
Struktur pasar yang mencakup jumlah penjual
dan jumlah pembeli, karakteristik produk, serta kesempurnaan informasi
merupakan sturuktur pasar persaingan sempurna. Di mana pasar persingan sempurna
pasar yang paling baik dari struktur pasar yang lain.Adapun macam macam pasar
seperti dibawah ini :
• Pasar persaingan sempurna
sebuah jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli
yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogen. Harga terbentuk
melalui mekanisme pasar dan hasil interaksi antara penawaran dan permintaan sehingga penjual dan pembeli di
pasar ini tidak dapat memengaruhi harga dan hanya berperan sebagai penerima
harga (price-taker).
• Pasar monopoli
suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual
yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau
sering disebut sebagai "monopolis".
• Pasar monopolistic
salah satu bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen
yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.
Penjual pada pasar monopolistik tidak terbatas, namun setiap produk yang
dihasilkan pasti memiliki karakter tersendiri yang membedakannya dengan produk
lainny.
Dari struktur pasar
diatas maka timbullah hukum permintaan dan penawaran secara teori yaitu Semakin
turun tingkat harga, maka semakin banyak jumlah barang yang tersedia diminta,
dan sebaliknya semakin naik tingkat harga semakin sedikit jumlah barang yang
bersedia diminta.”Pada hukum permintaan berlaku asumsi ceteris paribus. Artinya
hukum permintaan tersebut berlaku jika keadaan atau faktor-faktor selain harga
tidak berubah (dianggap tetap).Hukum Penawaran berbunyi:“Semakin tingi harga,
semakin banyak jumlah barang yang bersedia ditawarkan. Sebaliknya, semakin
rendah tingkat harga, semakin sedikit jumlah barang yang bersedia ditawarkan.
Dan dari pada itu maka timbul juga kebijakan harga,tetapi kebijakan harga
tidak sesuai dengan teori yang
seharusnya keseimbangan jumlah dan harga sesuai oleh situasi dimana biaya
marjinal sama dengan penerimaan marjinal. Ini dikarenakan suatu perusahaan
biasanya menitik beratkan pada kemauan dan kemampuan membeli dengan harga yang
telah disepakati bersama dan bagi perusahaan harga tersebut telah cukup menutup
ongkos, terutama biaya pemasaran, maupun menghasilkan laba.
Dari teori diatas maka
berbagai macam keputusan yang harus diambil oleh perusahaan yaitu bisa dalam
kepatian, bisa penuh kepastian, bisa dalam resiko. Pengambilan keputusan yang
dimaksud adalah seseorang harus mempertimbangkan fluktuasi yang menunjukkan
bahwa yang dihadapkan dengan keputusan nyata, seseorang harus mempertimbangkan
besarnya spekulasi, serta pembuat keputusan berpendirian pada resiko dan
ketidakpastian.
Maka dari teori dan pengambilan
keputusan tersebut pemerintahpun harus ikut campur tangan dalam pasar, karena
untuk melakukan stabilitas ekonomi makro, pemerintah berperan sebagai
regulator, yakni membuat berbagai peraturan untuk menjaga agar tidak terjadi
lonjakan lonjakan yang mengganggu baik dari posisi penawaran agregat maupun
pada permintaan agregat. Untuk itu pemerintah dapat secara langsung atau tidak
langsung terlibat dalam permintaan dan penawaran.
Maka dari hasil diatas
bisa ditarik kesimpulan bahwa dalam pasar penetapan harga, pengambilan
keputusan secara langsung maupun tidak langsung pemerintah ikut campuragar
tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkankan. Karena pemerintah merupakan
suatu organisasi yang cukup berkuasa dalam pasar.
Sumber :
Comments